Friday, December 14, 2018
Home > Politik > Wiranto: KPK Jangan Sampai Dituduh Berpolitik
Politik

Wiranto: KPK Jangan Sampai Dituduh Berpolitik

JAKARTA – Pernyataan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto yang meminta KPK menunda penetapan tersangka korupsi calon kepala daerah menuai banyak kritikan.

Meski demikian, Wiranto menilai, permintaan pemerintah tersebut untuk kebaikan KPK sendiri. “Penundaan semata-mata agar tidak menimbulkan prasangka, tidak menimbulkan satu tuduhan bahwa KPK masuk dalam ranah politik,” ujar Wiranto di Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Wiranto menegaskan, penundaan penetapan tersangka calon kepala daerah yang terlibat korupsi bukan berarti mengurangi ancaman pidananya. KPK tetap bisa malakukan pengusutan.

Pernyataan Wiranto kemudian dikritik banyak pihak. Direktur Eksekutif Lingkar Madani Ray Rangkuti menilai, pemerintah tengah menunjukkan sikap yang ramah terhadap kejahatan korupsi. “Sikap ramah terhadap kejahatan korupsi, seperti yang dilakukan oleh pemerintah saat ini, sama sekali tidak mencerminkan wajah presiden Jokowi yang dikenal sebagai presiden bersih,” kata Ray.

Ketua KPK Agus Rahardjo sebelumnya mengungkapkan, pihaknya akan mengumumkan penetapan tersangka calon kepala daerah yang bertarung dalam Pilkada 2018.

“Minggu ini kita umumkan,” ujar Agus. (*)

 

Sumber: Kompas.com

Editor   : Krista Riyanto

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar