Friday, December 14, 2018
Home > Bisnis > Tarik Wisatawan Arab, Indonesia Promosi Pariwisata di Jeddah
Bisnis

Tarik Wisatawan Arab, Indonesia Promosi Pariwisata di Jeddah

JAKARTA – Arab Saudi punya potensi wisatawan yang cukup menjanjikan. Untuk menarik lebih banyak wisatawan dari Arab Saudi,  Indonesia ikut berpartisipasi dalam Jeddah International Travel and Tourism Exhibition (JTTX) 2018.

Konsul Jenderal RI Jeddah, Mohamad Hery Saripudin, menegaskan komitmen KJRI Jeddah untuk konsisten mendukung promosi pariwisata Indonesia di Arab Saudi. Penegasan tersebut disampaikan saat menerima Tim Promosi Pariwisata dari Jakarta pada Selasa, 27 Februari 2018.

Dalam pertemuan tersebut, Konjen berharap partisipasi Indonesia dalam Jeddah International Travel and Tourism Exhibition (JTTX) 2018 yang berlangsung dari 28 Februari – 2 Maret 2018 di Hotel Hilton Jeddah berdampak pada peningkatan arus wisatawan Arab Saudi ke Indonesia.

“Ini komitmen bersama antara Kemenpar, KJRI Jeddah dan para pelaku industri pariwisata untuk menyukseskan program promosi pariwisata kita di Arab Saudi,” pesan Hery seperti dalam rilis pers KJRI Jeddah, Jumat (2/3/2018).

Tahun ini Kementerian Pariwisata menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara  sebanyak 17 juta orang, dan pada 2019 ditargetkan mencapai 20 juta orang.

Jumlah wisatawan dari Arab Saudi ke Indonesia jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2016, jumlah wisatawan mancanegara asal Arab Saudi berjumlah 186 ribu orang. Angka ini naik sekitar 16 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 151 ribu orang. Meski bukan yang tertinggi dibanding negara lain, tapi kunjungan dari Arab Saudi ini memiliki tren cukup baik karena meningkat setiap tahunnya.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia mengalami peningkatan sebesar 14,04 juta atau naik 21,88% dibanding 2016 yang berjumlah 11,52 juta orang.

Potensi pariwisata Indonesia, demikian kata Konjen, harus terus dikembangkan dan dipasarkan lebih giat lagi agar gaungnya mencapai seluruh wilayah Arab Saudi. Hal ini menyusul sejumlah penghargaan berkelas dunia yang diterima Kemenpar sebagai pengakuan dunia atas keunggulan sumber daya pariwisata Indonesia.

Kedatangan Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud beserta 1.500 rombongan yang berkunjung ke Indonesia pada  1 – 9 Maret 2017. Selain kunjungan kenegaraan di Jakarta dan Bogor, Raja Salman juga akan berlibur ke Bali selama enam hari. Kunjungan wisata ini memberi citra positif Indonesia di mata dunia, khususnya masyarakat Arab Saudi sehingga dapat meningkatkan jumlah wisman yang berkunjung ke Tanah Air. (*)

 

Editor: Fairuz Husaini

 

 

 

Tinggalkan Komentar