Friday, December 14, 2018
Home > Headline > Penangkapan Bupati Jombang, Kubu Khofifah Bergoyang
HeadlinePolitik

Penangkapan Bupati Jombang, Kubu Khofifah Bergoyang

DITANGKAPNYA Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko, yang sekaligus Ketua Partai Golkar Jawa Timur, oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Sabtu (3/2/2018) dengan sangkaan menerima suap, efek politiknya merembet ke mana-mana.

Salah satu efeknya bisa jadi akan menerpa Khofifah Indar Parawansa, karena Golkar adalah salah satu pilar penting yang mengusung Khofifah-Emil Dardak dalam pemilihan gubernur Jawa Timur, menantang petahanan Gus Ipul-Puti Guntur.

Dalam pencalonannya sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur, Khofifah-Emil diusung oleh Partai Demokrat, Partai Golkar, PPP, PAN, Hanura, dan Nasdem.

Dengan ditangkapnya Nyono selaku Ketua Golkar Jawa Timur oleh KPK, berarti pilar penting di kubu Khofifah telah tumbang. Ibarat rumah, bila salah satu pilarnya sudah ambruk, membuat penghuninya juga cemas, karena takut tertimpa reruntuhannya.

Situasi sulit sudah barang tentu dihadapi Khofifah-Emil dalam mengembangkan elektabilitas mereka manakala mendapat serangan dari kubu Gus Ipul-Puti Guntur. Bila kubu Gus Ipul-Puti Guntur menggunakan momentum ini untuk mengangkat tema tentang arti penting perbuatan jujur, bersih, dan adil, bukan hanya kepada calon  pemimpin, tapi juga kepada partai pengusungnya dalam kampanyenya maka mereka akan meraih simpatí publik.

Jika isu penangkapan Nyono ini dikemas dan terus digelindingkan oleh kubu Gus Ipul-Puti Guntur, sulit bagi kubu Khofifah-Emil untuk mengelak apalagi memenangkan simpati publik. Bagi publik, isu suap dan korupsi, yang ditangani  KPK, masih sangat mereka percayai dibandingkan yang ditangani kepolisian dan kejaksaan.

Dan, yang akan mengalami krisis kepercayaan paling besar dengan peristiwa Nyono ini adalah pendukung atau pemilih Khofifah-Emil dari kalangan santri mengingat mereka sangat sensitif dengan perilaku koruptif seseorang.  Dan, bila ini  dieksploitasi habis-habisan oleh kalangan santri pendukung Gus Ipul makan santri pendukung Khofifah akan lari ke Gus Ipul-Puti Gunur.

Suara pemilih di Jombang tempat di mana Nyono selama ini berkuasa, kubu Khofifah-Emil bisa jadi akan tumbang, karena publik kecewa dengan perilaku bupati mereka yang merupakan tokoh Golkar di Jawa Timur ini. (*)

 

Oleh Krista Riyanto

 

Tinggalkan Komentar