Friday, December 14, 2018
Home > Hukum > Pejabat Badan Pertanahan Kota Semarang Jadi Tersangka Pungutan Liar Hingga Rp600 Juta!
Hukum

Pejabat Badan Pertanahan Kota Semarang Jadi Tersangka Pungutan Liar Hingga Rp600 Juta!

SEMARANG – Kejaksaan Negeri Semarang, Jawa Tengah menetapkan satu tersangka atas pungutan liar di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Semarang. Salah satu pejabat BPN berinisial WR ditetapkan sebagai tersangka.

“WR saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka,” ujar Kepala Kejari Semarang Dwi Samudji saat konferensi pers bersama jajarannya dan Asisten Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Rabu (7/3/2018). Dwi menerangkan, sebelum ditetapkan tersangka, WR diamankan oleh petugas pada Senin (5/3/2018).

Dia diamankan bersama Kepala BPN berinisial SR dan dua pegawai kontrak, yaitu J dan F. Keempatnya lalu diperiksa secara maraton hingga penyidik menemukan sejumlah barang bukti lainnya. Setelah dilakukan pemeriksaan, petugas lalu menemukan uang dalam bentuk gelondongan hingga totalnya mencapai Rp600 juta.

Uang tersebut tersimpan di dalam ratusan amplop yang tersebar di rumah WR, kendaraan, dan tas milik tersangka. “Berkaitan dengan (operasi) kemarin diamankan empat orang, S, WR, J, dan F. Salah satunya tadi (Kepala BPN). Kita amankan kalau dia yang paling bertanggung jawab,” tambah Dwi.

Di BPN, WR bertugas sebagai Kepala Sub Seksi Pemeliharaan Data Pertanahan. Dia dijerat dengan dakwaan Pasal 11 atau Pasal 12 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah menjadi UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

“Untuk saat ini baru WR, lainnya masih sebagai saksi,” katanya. Dalam penyelidikan, petugas menemukan uang Rp600 juta yang diduga hasil pungutan liar di BPN. Padahal, saat penangkapan pada Senin (5/3/2018), uang pungutan yang ditemukan sebanyak Rp32,4 juta. (*)

 

Sumber: Kompas.com

 

Tinggalkan Komentar