Friday, December 14, 2018
Home > Bisnis > Mesir Impor Buah Pala dari Indonesia Bernilai Rp1,4 Miliar
Bisnis

Mesir Impor Buah Pala dari Indonesia Bernilai Rp1,4 Miliar

KAIRO – Mesir mengimpor 17 ton buah pala senilai 105.400 dollar AS atau setara Rp1,4 miliar dari Indonesia. Transaksi tersebut ditandatangani di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kairo pada Rabu (28/3/2018) oleh perusahaan Mesir, Al Tawfick & Al Karam Import & Export, sebagai importir dan perusahaan Indonesia, PT Eshan Agroindo Mulia, sebagai eksportir.

Transaksi itu adalah installment pertama dari kesepakatan bisnis secara keseluruhan antara kedua perusahaan tersebut, yang nilainya akan mencapai 632.400 dollar AS dalam setahun.

Kualitas rempah-rempah asal Indonesia telah dikenal di seluruh penjuru dunia, termasuk di benua Afrika. Potensi rempah-rempah, terutama pala, sebagai salah satu komoditas ekspor andalan Indonesia di negara-negara Afrika, termasuk Mesir, terbukti terus meningkat.

Selain pala, produk rempah-rempah Indonesia yang nilai ekspornya ke Mesir juga terus meningkat adalah cengkeh, yang pada tahun 2017 mencapai 1,085 juta dollar AS, atau naik 50,28 persen dibandingkan perolehan ekspor pada tahun 2016 yang sebesar 722.000 dollar AS.

Produk-produk rempah ini sangat diminati masyarakat Mesir, baik itu sebagai bahan baku aroma terapi, bahan baku farmasi, makanan ringan dan sebagai bahan baku pendukung untuk makanan dan minuman.

Perwakilan PT Eshan Agroindo Mulia, Muhammad Andika Sakali menyampaikan, kontrak yang ditandatangani itu baru trial order, dan akan ada permintaan pengiriman buah pala dari Indonesia ke Mesir setiap 2 bulan sekali.

Atase Perdagangan di Kairo, Burman Rahman menambahkan, volume ekspor  buah pala Indonesia ke Mesir pada tahun 2017 menghasilkan devisa 942.000 dollar AS atau naik sebesar 193,46 persen dibandingkan perolehan ekspor pala ke Mesir pada tahun sebelumnya yang hanya mencapai 321.000 dollar AS.

“Di samping produk rempah, kami juga aktif mempromosikan berbagai produk Indonesia dalam beragam festival dan forum dagang di Mesir,” katanya.

Amir Karam, perwakilan dari Al Tawfick & Al Karam Import & Export, mengungkapkan rasa senangnya dapat bekerja sama dengan supplier dari Indonesia yang dikenal memiliki komitmen tinggi. Dia berharap, kerja sama ini akan terus berkembang di masa depan dengan lebih banyak lagi mendatangkan produk-produk dari Indonesia, seperti cengkeh, kelapa, serta kopi robusta dan arabika. (*)

 

Sumber: Kompas.com

Editor   : Krista Riyanto

 

Tinggalkan Komentar