Friday, December 14, 2018
Home > Hidup Sehat > Langkah Mudah Berhenti Merokok dan Minum Kopi
Hidup Sehat

Langkah Mudah Berhenti Merokok dan Minum Kopi

MENGAKHIRI lebih sulit daripada memulai. Itulah ketidakberdayaan bagi perokok dan penggemar kopi untuk berhenti.

Padahal, waktu mereka memulai merokok dan minum kopi sampai akhirnya menjadi pecandu adalah begitu mudahnya.

Ketika usia tidak muda lagi, banyak pecandu ingin berhenti merokok dan minum kopi dengan berbagai alasan seperti ingin hidup sehat, ingin menjaga kebersihan, ingin awet muda dan bugar, sampai alasan karena dilarang oleh tuntunan agama.

Tetapi, tidak mudah bagi pecandu untuk melakannya. Mereka seperti sudah masuk dalam perangkap setan yang kunjung mampu menahan keinginan syarat akan nikmat kafein dan nikotin.

Tetapi, pengalaman dari pecandu yang sudah berhenti dari rokok dan kopi, patutlah ditiru. Mereka mengaku gampang untuk melakukannya. Langkahnya adalah LANGSUNG BERHENTI MEROKOK DAN MINUM KOPI HARI INI JUGA!

Jangan pernah berhenti merokok tapi masih minum kopi atau berhenti minum kopi tapi masih merokok. Dua barang ini tidaK bisa ditinggalkan satu demi satu atau sedikit demi sedikit. Mesti diakhiri total dua duanya, karena dua barang itu seperti pasangan sejati yang tidak bisa dipisahkan bila dikonsumsi manusia. Mereka punya ikatan kimiawi yang saling melengkapi.

Setelah berhenti merokok dan minum kopi, bekas pecandu juga harus melakukan berbagai kebiasaan baik agar tidak pernah kembali ke kebiasaan lama.

Pertama, bekas pecandu mesti banyak olaharaga agar otak tidak banya diam yang bisa merangsang untuk menikmati kopi dan rokok sebagai relaksasinya.

Kedua, bekas pecandu harus banyak minum air putih dan berbagai jus sebagai nutrisi yang menyegarkan otak dan syaraf.

Jus yang sangat manjur untuk mencegah seseorang kembali merokok dan minum kopi adalah:

Jus wortel

Rajin minum jus wortel ternyata bermanfaat untuk menahan keinginanmu untuk merokok. Selain itu, wortel kaya akan kandungan zat antioksidan yang bisa menyehatkan tubuh akibat paparan racun karena rokok. Selain jus wortel, jus mentimun juga memiliki efek yang sama.

Susu

Minum secangkir susu sangat bermanfaat untuk mencegahmu mengambil sebatang rokok dan menyulutnya. Sebab setelah kamu minum susu dan kamu merokok, maka akan timbul rasa yang tidak enak di mulutmu.

Air hangat

Setiap kali keinginan untuk merokok itu datang, cobalah untuk minum air putih hangat. Jangan minum teh atau kopi hangat. Sebab kedua minuman tersebut justru akan meningkatkan keinginanmu untuk merokok.

Air jeruk

Saat kamu bertekad untuk berhenti merokok, konsumsi air jeruk selama beberapa kali sehari. Sebab merokok menghalangi kebutuhan tubuhmu akan vitamin C. Sementara saat kamu minum air jeruk, maka keinginanmu untuk merokok akan hilang.

Air ginseng

Bahan alami di dalam air ginseng dapat mengontrol keinginanmu untuk merokok. Namun para ahli kesehatan menyarankan agar kamu tidak mengonsumsinya lebih dari 2-3 kali dalam sebulan.

Selamat mencoba!

 

Editor: Krista Riyanto

 

Tinggalkan Komentar