Friday, December 14, 2018
Home > Politik > Khofifah-Emil Unggul di Mataraman, Gus Ipul-Puti Kuat di Basis Utara
Politik

Khofifah-Emil Unggul di Mataraman, Gus Ipul-Puti Kuat di Basis Utara

JAKARTA – Tingkat keterpilihan pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak sekitar 44,5 persen, sedangkan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno 44,0 persen.

Demikian survei lembaga penelitian dan pengembangan Kompas yang dirilis Senin (12/3/2018) di Jakarta. Survei ini dijalankan mulai 19 Februari sampai 4 Maret 2018 melibatkan 800 respoden dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 3,46 persen.

Tipisnya tangkat keterpilihan mereka dikarenakan basis pemilih antara dua calon yakni sama –massa Nahdlatul Ulama (NU). Perbedaan mereka hanya terletak pada region pemilihnya.

Dari pemilih yang disurvei, baik pendukung Khofifah maupun Gus Ipul cenderung sama terhadap pilihan mereka. 53,1 persen pemilih Khofifah tidak akan mengubah pilihannya, begitu juga dengan 56,6 persen pendukung Gus Ipul. Masih ada 11,5 persen pemilih yang belum menentukan pilihan mereka.

Khofifah dan Gus Ipul bersaing cukup ketat di wilayah Mataraman. Pasangan Khofifah-Emil meraih 47,2 persen, sedangkan pasangan Saifullah-Puti meraih 42,6 persen. Itu artinya, pasangan Khofifah-Emil unggul di wilayah Mataraman.

Di wilayah Tapal Kuda/Pandalungan yang mencakup Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso, sebagai basis NU, kmereka bersaing cukup ketat. Di sini, Khofifah meraih 44,1 persen, sedangkan Gus Ipul 48,0 persen. Itu artinya, pasangan Saifullah-Puti unggul di basis NU. (*)

 

Editor: Krista Riyanto

 

Tinggalkan Komentar