Friday, December 14, 2018
Home > Headline > Hasil Survei, Ganjar Pranowo Unggul Telak Dibanding Sudirman Said
HeadlinePolitik

Hasil Survei, Ganjar Pranowo Unggul Telak Dibanding Sudirman Said

JAKARTA -Jelang Pilkada Jawa Tengah 2018, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Taj Yasin di atas angin. Hasil survei Litbang Kompas yang dirilis pada Selasa (13/3/2018) menunjukkan, pasangan calon ini unggul dalam berbagai aspek dukungan, seperti dari agama, etnis, pendidikan, kelas sosial dan partai dibanding pasangan calon Sudirman Said dan Taj Yasin.

Dari hasil survei yang digelar pada akhir Februari-awal Maret terlihat jauhnya jarak popularitas dan keterpilihan antara dua pasang calon tersebut. Dalam survei penjajakan yang dilakukan dengan simulasi pencoblosan, Ganjar-Yasin memperoleh 79 persen suara, sedangkan Sudirman-Ida memperoleh 11,8 persen suara.

Ada 9,2 persen suara yang belum menentukan pilihan. Sementara itu, melalui pertanyaan terbuka (wawancara), Ganjar-Yasin memperoleh 50,8 persen suara, sedangkan Sudirman-Ida memperoleh 7,4 persen suara. Ada 41,8 persen suara belum menentukan pilihan.

Dari penelisikan terhadap mereka yang belum menentukan pilihan melalui pertanyaan terbuka, sebesar 69,6 persen cenderung memilih Ganjar-Yasin, sedangkan 11,6 persen memilih Sudirman-Ida.

Dari aspek popularitas, Ganjar memang menempati posisi puncak sebagai figur paling dikenal. Lewat simulasi gambar, dia dikenali dan disebut namanya oleh 78,4 persen responden, sedangkan Sudirman dikenali 26 persen responden.

Pasangan masing-masing, Yasin dikenal oleh 16,3 persen, sedangkan Ida oleh 12,4 persen responden. Hasil survei juga menunjukkan eratnya popularitas pasangan dengan pilihan masyarakat, yaitu dilihat dari top of mind masing-masing responden. Sebanyak 83,4 persen orang yang ingatan pertamanya menyebut pasangan Ganjar-Yasin sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur memang berencana memilih pasangan itu. Begitu pula mereka yang menyebut pasangan Sudirman-Ida sebagai top of mind, sebanyak 62,5 persen akan memilihnya. (*)

 

Sumber: Kompas.com

Editor   : Krista Riyanto

 

Tinggalkan Komentar