Friday, December 14, 2018
Home > Politik > Djarot dan Edy Lolos Maju ke Pilgub Sumut 2018
Politik

Djarot dan Edy Lolos Maju ke Pilgub Sumut 2018

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (Sumut) telah menetapkan peserta Pemilihan gubernur Sumut 2018 hanya ada dua pasang calon dari tiga pasangan yang mendaftar.

Kedua pasangan yang lolos adalah Letjen (Purn) Edy Rahmayadi-Musa Rajeckshah (Ijeck) dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus. Sementara pasangan JR Saragih dan Ance Selian dinyatakan tak memenuhi persyaratan sehingga tidak lolos. .

“KPU sudah menggelar rapat pleno terbuka untuk mengumumkan pasangan gubernur ada 2 paslon yang ditetapkan, yaitu Edi Rahmayadi berpasangan dengan Musa Rajeckshah dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus,” kata Ketua KPU Sumut Mulya Banurea di Hotel Grand Mercure, Medan, Sumut, Senin (12/2/2018).

Menurut Mulya, seperti dilaporkan oleh Detik.com, pasangan JR Saragih dan Ance dinyatakan tidak lolos karena ada salah satu persyaratan calon gubernur, yaitu legalisasi ijazah, yang tidak terpenuhi, sehingga sesuai aturan yang bersangkutan tidak bisa ditetapkan sebagai calon. .

Edy-Ijeck diusung 6 parpol, yaitu PKS, Hanura, Golkar, PAN, Gerindra, dan NasDem, dengan kekuatan 60 kursi DPRD Sumut. Sedangkan Djarot-Sihar diusung dua parpol, yaitu PDIP dan PPP, dengan kekuatan 20 kursi DPRD Sumut.

Dengan tak lolosnya JR Saragih-Ance, maka parpol pendukungnya, yaitu Partai Demokrat, PKB, dan PKPI, tidak memiliki jagoan di Pilgub Sumut 2018. (*)

Tinggalkan Komentar