Friday, December 14, 2018
Home > Bisnis > Belanja Iklan Produk Tertent Selama Ramadhan Meningkat Tajam
BisnisHeadline

Belanja Iklan Produk Tertent Selama Ramadhan Meningkat Tajam

JAKARTA – Data Nielsen Advertising Intelligence (Ad Intel) menunjukkan bahwa  pengiklan dari kategori produk tertentu meningkatkan aktivitas beriklannya selama Ramadan ini.

Berdasarkan kategori produk yang aktivitasnya meningkat pesat pada jeda iklan atau commercial break selama minggu pertama Ramadan di antaranya adalah layanan online dengan belanja iklan sebesar Rp223 miliar atau meningkat 76 persen dibandingkan periode sebelum Ramadan, kata Executive Director Media Business Nielsen Indonesia Hellen Katherina di Kantor Nielsen Indonesia, Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Peningkatan aktivitas beriklan lainnya juga terjadi pada iklan berkategori jus dan sirup. Total belanja iklannya mencapai Rp101 miliar atau melonjak hingga 447 persen dibandingkan periode non-Ramadan.

Belanja iklan berkategori minuman siap minum juga meningkat dengan total Rp70 miliar atau tumbuh 110 persen.

Pertumbuhan lainnya juga terjadi pada iklan material bangunan, yakni sebesar 114 persen dengan total belanja iklan sebesar Rp66 miliar.

Sementara untuk penempatan iklan dalam program (In-Program Ads), jumlah tayangan iklan dari kategori kopi dan teh meningkat sebesar 29 persen, kategori komunikasi meningkat sebesar 77 persen, tekstil & garmen yang didominasi oleh produk sarung meningkat sebesar 294 persen, material bangunan juga meningkat 762 persen, dan kategori produk obat antasida meningkat 1.563 persen.

Hellen mengatakan, iklan yang meningkat belanjanya tersebut adalah yang relevan dengan kebiasaan pada ramadan dan lebaran. (*)

 

Sumber: Kompas.com

Editor   : Krista Riyanto

Tinggalkan Komentar